by

3 Mineral Yang Memberi Manfaat Sebagai Ciri-ciri Air Bersih untuk Dikonsumsi

-Kesehatan-128 views

Sebagai ciri-ciri air bersih, mineral memiliki peran yang penting karena sebagai penanda juga bahwa air yang kita konsumsi tidak hanya bersih tapi juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Agar Anda menjadi tahu apa saja mineral yang seharusnya ada pada air minum Anda, simak penjelasan berikut mengenai beberapa mineral yang harus ada untuk menentukan apakah air minum yang Anda konsumsi termasuk pada kategori ciri ciri air bersih dan berkualitas.

  • Kalsium

Kalsium dalam air mineral dapat membantu memperkuat tulang seseorang.

Air mineral mengandung kalsium, yang membantu meningkatkan kekuatan tulang. Ketika jaringan tulang rusak, tubuh menempatkan tulang baru di tempatnya.

Selama masa remaja, tulang baru disimpan lebih cepat daripada kerusakan tulang lama. Namun, setelah usia 20 tahun, keropos tulang bisa mulai melebihi pembentukan tulang, yang bisa menyebabkan tulang menjadi rapuh dan lemah.

Olahraga teratur dan diet yang kaya kalsium dapat memperkuat tulang dan mencegah keropos tulang.

Sebuah studi membandingkan bagaimana tubuh menyerap kalsium dari susu, suplemen kalsium, dan air mineral. Dari studi tersebut ada kesimpulan bahwa air mineral dengan jumlah kalsium yang tinggi dapat, pada kenyataannya, meningkatkan pasokan kalsium tubuh.

  • Kalium

Kalium memiliki manfaat untuk mengatur fungsi jantung dan tekanan darah, membantu hantaran rangsang saraf, kontraksi otot, kesehatan tulang, dan keseimbangan elektrolit; serta menjaga kesehatan saraf dan otot. Dalam darah, jumlah kalium normal berada di kisaran 3,5-5 milimol/liter (mmol/L). (1)

Jika tubuh Anda kekurangan kalium, Anda akan mengalami sebuah kondisi yang disebut sebagai hipokalemia dan hiperkalemia.

Hipokalemia dapat menyebabkan gangguan makan seperti diare, muntah parah, atau dehidrasi; minum obat pencahar, diuretik, atau kortikosteroid.

Sedangkan hiperkalemia adalah kondisi di mana jumlah kalium dalam darah berlebih, biasanya disebabkan oleh dehidrasi parah, gagal ginjal, asidosis berat, minum obat penurun tekanan darah atau diuretik, atau karena kadar hormon kortisol dalam tubuh terlalu rendah. (1)

  • Magnesium

Nutrisi ini memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah, kadar glukosa darah, dan fungsi saraf.

Jumlah magnesium dalam air dapat berkisar dari 1 miligram per liter (mg / l) hingga lebih dari 120 mg / l, tergantung pada sumbernya.

Tunjangan harian yang direkomendasikan untuk magnesium adalah sebagai berikut:

  • 310-320 mg untuk wanita dewasa
  • 400-420 mg untuk pria dewasa

Jika magnesium pada tubuh kurang, dapat menyebabkan beberapa gejala defisiensi seperti kehilangan selera makan, mudah kelelahan, kelemahan otot, mual dan muntah (2)

Sementara kekurangan pada tingkat yang cukup parah dapat menyebabkan beberapa hal seperti mati rasa atau kesemutan, kram otot, kadar kalsium atau kalium rendah, perubahan suasana hati, detak jantung yang tidak teratur atau bahkan kejang.

Selain itu, memiliki kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, gagal jantung kongestif, dan kondisi yang menyebabkan detak jantung tidak teratur.

Air mineral yang kaya akan magnesium dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Sebuah studi pada tahun 2004 yang melibatkan 70 orang dewasa dengan hipertensi batas dan kadar magnesium yang rendah menemukan bahwa minum 1 liter air mineral per hari menurunkan tekanan darah mereka. (2)

Itulah tadi beberapa kandungan mineral yang harus ada sebagai ciri air minum berkualitas dan aman untuk dikonsumsi oleh Anda. Untuk air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Source:

  1. https://www.alodokter.com/mengenal-berbagai-elektrolit-dalam-tubuh
  2. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324910

News Feed