Sumber: Pinterest.com

Memiliki sebuah PC gaming sendiri tentu impian semua para gamers sejati. Terlebih lagi jika memiliki PC gaming yang super lengkap, keren dan mempunyai performa yang sangat  bagus. Pastinya menjadi dambaan para gamers , kan?

Jika kamu berniat untuk membangun PC gaming sendiri, ada baiknya kamu mengenali terlebih dahulu tentang komponen-komponen yang dibutuhkan oleh perangkat komputer. Ada beberapa komponen penting yang harus disiapkan untuk membuat PC gaming berkualitas. Harga yang dimiliki komponen tersebut pastinya sangat bervariasi.

Namun yang paling penting, kamu harus mempunyai konsep mengenai game apa yang kamu inginkan agar nantinya dapat menentukan harga PC yang akan kamu rakit. Jika kamu ingin bermain game dengan kualitas gambar yang dapat memanjakan mata, maka kamu harus mengeluarkan budget yang cukup banyak untuk merakit PC. Tetapi kalau hanya ingin bermain game seperti CS GO atau DOTA 2 kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak hanya demi merakit  PC gaming sendiri.

Intinya kualitas PC gaming yang bagus itu tergantung dengan budget yang kamu miliki. Nah, berikut ini adalah beberapa komponen penting yang dibutuhkan dalam merakit PC gaming berkualitas.

  • CPU

Sumber: Pinterest.com

CPU merupakan salah satu komponen utama dari sebuah PC tanpa CPU maka PC tidak dapat beroperasi. Pilihlah CPU yang memiliki performa mumpuni agar game bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Semakin berkembangnya CPU, maka semakin tinggi pula kinerjanya.

Kini, kualitas prosesor CPU yang paling bagus untuk PC gaming adalah AMD ryzen 3 2200g. Kemampuan dari AMD ini dipercaya mampu memberikan performa yang sangat bagus untuk PC. Pasalnya, AMD ini telah dibekali oleh Integrated Graphics Radeon Vega 8 yang lebih powerful. Serta unlocked multiplier yang mudah untuk di overclock. Harga untuk AMD ini pun sangat terjangkau untuk gamers berbudget tipis, yakni kisaran Rp 2 jutaan saja.

  • RAM

Sumber: Pinterest.com

Komponen yang satu ini juga sangat penting untuk kamu yang tidak ingin bermain game tanpa nge-lag. Kapasitas RAM yang sangat standar untuk PC gaming adalah 8 GB. Sedangkan RAM yang mumpuni untuk PC gaming sebesar 16GB.

Namun, lebih idealnya kamu bisa memakai dua keping RAM yang masing-masing berkapasitas 8GB. Kini, generasi RAM telah mencapai DDR4, tapi jika kamu menggunakan Motherboard versi lama. Disarankan memakai RAM DDR3.

  • Motherboard

Sumber: Pinterest.com

Nah, Motherboard ini merupakan tempat terpasangnya RAM, VGA, CPU dan komponen lainnya. Untuk memilih Motherboard yang berkualitas, maka kamu perlu mencocokan socket di Motherboard pada CPU yang telah ditentukan. Contohnya,  CPU AMD yang memerlukan socket AM2.

Maka kamu harus memilih Motherboard yang memiliki socket AM2, sehingga nantinya CPU AMD dapat  dipasang ke Motherboard tersebut.  Jika kamu sudah mencocokan socket nya, kamu juga harus teliti dalam memilih socket RAM yang akan digunakan. Apabila Motherboard yang kamu beli mempunyai socket RAM DDR4, maka kamu harus mencari RAM DDR4.

  • Power Supply

Sumber: Pinterest.com

Untuk memberikan daya ke seluruh komponen pada komputer, tentu kalian membutuhkan sebuah power supply di dalam komputer. Kapasitas daya Power Supply yang dibutuhkan oleh PC gaming minimal adalah 300 Watt hingga 1000 Watt.

Namun, sebelum membeli Power Supply untuk PC gaming, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu Watt yang ada di setiap komponen pada PC gaming. Mulai dari Motherboard, CPU, RAM, VGA, Cooler dan SSD. Dengan kamu mengikuti langkah ini, maka kamu akan tahu berapa Watt Power Supply yang dibutuhkan .

  • Cooler

Sumber: Pinterest.com

Agar dapat memainkan game dengan kualitas gambar yang tajam dan memanjakan mata, tentunya  CPU  dan VGA harus bekerja dengan semaksimal mungkin. Dibalik kemaksimalan CPU dan VGA tersebut pasti bisa menimbulkan panas.

Nah, panas itulah yang menjadi faktor utama saat bermain game, jika aliran udara panas tersebut  tidak diatur dengan sangat baik di dalam case bisa-bisa komponen pada PC  akan berusia pendek terutama untuk VGA dan CPU. Itulah kenapa Cooler juga sangat penting dalam merakit sebuah PC gaming.

  • VGA Card

Sumber: Pinterest.com

VGA Card ( kartu grafis) juga diperlukan untuk merakit  PC gaming berkualitas. Kartu grafis bekerja untuk mengimplementasikan script grafis pada monitor komputer. Pilihlah kartu grafis yang canggih dan modern agar dapat memberikan tampilan gambar yang lebih halus, cepat dan detail grafis yang ditampilkannya . Salah satu merek VGA card yang paling bagus untuk merakit sebuah PC gaming  adalah merk Nvidia dengan tipe GTX 1080 atau  GTX 1070.

  • SSD

Sumber: Pinterest.com

Untuk merakit PC gaming berkualitas, disarankan menggunakan memori internal yang memiliki performa yang cukup bagus. Mungkin kamu bisa memilih SSD ( Solid State Disk ) yang memiliki kapasitas sebesar 500 GB. Kenapa harus SSD? Karena SSD mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat dan tinggi daripada Harddisk. Sehingga game yang akan kamu mainkan dapat berjalan dengan lancar tanpa ngelag.

  • Case

Sumber: Pinterest.com

Jika semua komponen sudah lengkap, maka siapkan case PC juga yang memiliki sistem ventilasi yang cukup bagus. Namun, sebelum membeli case PC ada baiknya kamu memperhatikan  sistem pada bagian aliran saluran  dan tempat penyimpanan kabel pada case tersebut.

Hal ini bertujuan agar komponen-komponen pada PC dapat terpasang dengan baik dan rapi, sehingga aliran udara bisa berjalan lancar. Biasanya, para gamers sering memasangkan case PC nya dengan tampilan yang cukup unik. Contohnya, memasang lampu LED yang sangat menarik dan memanjakan mata. Semuanya tergantung dengan selera masing-masing.

Nah, itulah komponen-komponen penting yang dibutuhkan untuk merakit PC gaming. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang berencana membuat PC gaming sendiri. Baca juga Laptop 9th Gen Intel Terbaru.