by

Alamat Unisma: Berikut Daftar Jurusan Paling Banyak Diminati

-Kesehatan-47 views

Unisma atau Universitas Islam Malang merupakan perguruan tinggi yang unggul dan menjadi rujukan bagi kampus lainnya. Tak terkecuali Institut Agama Islam Cipasung yang melakukan studi banding dengan penandatanganan MoU Unisma. Keberadaan kampus ini awalnya merupakan gagasan dari tokoh ulama, masyarakat dan cendekiawan yang berada di kalangan NU Kota Malang untuk mendirikan suatu Perguruan Tinggi Islam yang mandiri, besar dan berkualitas. Dikenal sebagai UNISMA yang mempelopori sarjana muslim yang memiliki haluan Ahlussunnah wal Jama’ah. Oleh karena itu terbentuklah Panitia Sembilan yang akan menyusun bentuk teknis dan konsep dalam merencanakan pendirian perguruan tinggi. Alamat Unisma  di Jl. Mayjen Haryono 193 Malang 65144.

Unisma memiliki kerjasama dengan Departemen Kehutanan dan Perkebunan RI, BPPT, Department of Food Science and Technology of Agriculture, Kyushu Universitas Fukuoka Japan dan Department of Microbiology Universitas of Delhi South Campus. Selain itu Unisma terbuka untuk program pascasarjana dan memiliki rumah sakit kampus serta dibangunnya Gedung Aswaja Centre. Tujuan didirikannya Unisma adalah mengembangkan proses pembelajaran dan suasana yang kondusif untuk mahasiswa sehingga mendapatkan pengabdian, penelitian dan pendidikan ke masyarakat berbasis teknologi, mengembangkan iptek, seni maupun budaya untuk peningkatan taraf hidup masyarakat dan kemaslahatan umat. Target 2019 hingga 2023 adalah menjadi Unisma sebagai perguruan tinggi luar negeri dengan adanya pertukaran dosen, kolaborasi publikasi ilmiah dan adanya penyelenggaraan konferensi internasional.

Berikut adalah tips memilih jurusan saat akan kuliah di Unisma diantaranya:

  • Sesuaikan dengan keinginan, ketika SMA jurusan dibagi atas IPA dan IPS yang menjadi penentu jurusan yang diterima ketika kuliah.
  • Motivasi diri untuk memperoleh pendidikan di perguruan tinggi yang diinginkan.
  • Perhatikan potensi diri untuk memilih jurusan dan pastikan tidak memberikan kesulitan selama kuliah.
  • Sesuaikan dengan kepribadian dengan mencari informasi mengenai jurusan, misalnya jurusan komunikasi maka pribadi pendiam tidak sesuai dengan jurusan ini.
  • Sebaiknya tidak mengikuti teman di jurusan yang sama dengan alasan supaya ada teman karena setiap orang memiliki jalan yang berbeda-beda.
  • Gali lebih detail terkait jurusan sehingga akan memberikan pertimbangan dengan membandingkan jurusan antar kampus.
  • Perhatikan bagaimana prospek karir setelah lulus dan merupakan pekerjaan yang diimpikan sejak dulu.

Selain itu, ketika memilih jurusan pertimbangkan latar belakang kelulusan, untuk hal ini sebaiknya melakukan konsultasi kepada orang yang berpengalaman dengan jurusan. Perhatikan akreditasi perguruan tinggi karena akreditasi menunjukkan kualitas pendidikan dan mempengaruhi nilai ketika akan melamar kerja ataupun melanjutkan pendidikan. Hal yang penting dipertimbangkan adalah biaya kuliah, jika memiliki program beasiswa sebaiknya menggunakan tersebut.

Berikut adalah jurusan yang paling diminati:

  • Manajemen, dengan peminatan manajemen syariah, manajemen pemasaran, manajemen bisnis dengan peluang karir menjadi manajer atau HRD.
  • Akuntasi, dengan peminatan akutansi perpajakan, akuntasi pemeriksaan, akuntasi sektor publik akuntasi keuangan, dengan peluang karir sebagai akuntan publik maupun bagian keuangan perusahaan.
  • Ilmu hukum, dengan peminatan hukum internasional, perdata, hukum ekonomi, hukum dan teknologi, hukum lingkungan dengan peluang karir bagian legal di suatu perusahaan dan diplomat.

Selain itu, banyak yang minat terhadap ilmu komunikasi dengan peminatan hubungan masyarakat, jurnalistik dan broadcasting. Peluang karir yang ditawarkan adalah jurnalistik, content creator dan lainnya di bidang kreatif massa. Unisma menawarkan 10 fakultas yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Jika tertarik maka segera menuju alamat Unisma untuk segera mendapatkan informasi lebih terkait jurusan dan kampus yang sedang diinginkan.

News Feed