Tahun-tahun awal kehidupan seorang anak sangat penting bagi kesehatan dan perkembangannya. Perkembangan yang sehat berarti bahwa anak-anak dari semua kemampuan, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan perawatan kesehatan khusus, dapat tumbuh dewasa ketika kebutuhan sosial, emosional dan pendidikan mereka terpenuhi.

Memiliki rumah yang aman dan penuh kasih serta menghabiskan waktu bersama keluarga bermain, bernyanyi, membaca, dan berbicara sangat penting. Nutrisi yang tepat, olahraga, dan tidur juga dapat membuat perbedaan besar.

Praktek Pengasuhan Anak yang Efektif

Pengasuhan anak dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Namun, beberapa praktik pengasuhan positif bekerja dengan baik di seluruh keluarga yang beragam dan dalam pengaturan yang beragam ketika memberikan perawatan yang dibutuhkan anak-anak untuk bahagia dan sehat, dan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sebuah laporan baru-baru ini melihat bukti dalam publikasi ilmiah untuk apa yang berhasil, dan menemukan cara-cara kunci ini yang orang tua dapat mendukung perkembangan kesehatan anak mereka:

  • Menanggapi anak-anak dengan cara yang dapat diprediksi
  • Menunjukkan kehangatan dan kepekaan
  • Memiliki rutinitas dan aturan rumah tangga
  • Berbagi buku dan berbicara dengan anak-anak
  • Mendukung kesehatan dan keselamatan
  • Menggunakan disiplin yang tepat tanpa kekerasan

Orang tua yang menggunakan praktik ini dapat membantu anak mereka tetap sehat, aman, dan sukses di banyak bidang emosional, perilaku, kognitif , dan sosial.

Tonggak Perkembangan

Keterampilan seperti mengambil langkah pertama, tersenyum untuk pertama kalinya, dan melambaikan “selamat tinggal” disebut tonggak perkembangan. Anak-anak mencapai tonggak sejarah dalam cara mereka bermain, belajar, berbicara, berperilaku, dan bergerak (misalnya, merangkak dan berjalan).

Anak-anak berkembang dengan kecepatan mereka sendiri, jadi tidak mungkin untuk mengetahui dengan pasti kapan seorang anak akan belajar keterampilan yang diberikan. Namun, tonggak perkembangan memberikan gambaran umum tentang perubahan yang diharapkan saat anak bertambah usia.

Sebagai orang tua, Anda paling mengenal anak Anda. Jika anak Anda tidak memenuhi tonggak sejarah untuk usianya, atau jika Anda berpikir mungkin ada masalah dengan perkembangan anak Anda, bicarakan dengan dokter anak Anda dan sampaikan kekhawatiran Anda. Jangan menunggu

Pemantauan dan Penyaringan Pembangunan

Orang tua, kakek-nenek, penyedia anak usia dini, dan pengasuh lainnya dapat berpartisipasi dalam pemantauan perkembangan , yang mengamati bagaimana anak Anda tumbuh dan berubah seiring waktu dan apakah anak Anda memenuhi tonggak perkembangan khas dalam bermain, belajar, berbicara, berperilaku, dan bergerak.

Skrining perkembangan melihat lebih dekat bagaimana perkembangan anak Anda. Tonggak yang terlewat bisa menjadi pertanda masalah, jadi ketika Anda membawa anak Anda ke sumur, dokter, perawat, atau spesialis lain mungkin memberikan tes singkat kepada anak Anda, atau Anda akan mengisi kuesioner tentang anak Anda.

Jika alat skrining mengidentifikasi bidang yang menjadi perhatian, evaluasi perkembangan formal mungkin diperlukan, di mana spesialis yang terlatih melihat secara mendalam perkembangan anak. Jika seorang anak mengalami keterlambatan perkembangan, penting untuk mendapatkan bantuan sesegera mungkin.

Memahami anak Anda adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda pelajari sebagai orangtua. Sangat membantu dalam menjadi efektif dalam membimbing dan mengasuh anak Anda saat mereka tumbuh dan dewasa. Anda harus ingat bahwa anak Anda memiliki sifat kepribadian unik yang tetap konsisten sepanjang hidup.

Salah satu cara Anda dapat memahami anak Anda adalah dengan mengamati mereka saat mereka tidur, makan, atau bermain. Cari sifat-sifat yang konsisten. Kegiatan apa yang paling mereka sukai? Apakah menyesuaikan dengan perubahan itu mudah bagi mereka atau apakah mereka perlu waktu untuk menjadi terbiasa dengan hal-hal ini? Hal-hal ini adalah karakteristik normal seorang anak dan anak Anda mungkin bukan pengecualian.

Sebisa mungkin, punya waktu untuk berbicara dengan anak-anak Anda karena ini penting untuk mendapatkan informasi dan pemahaman. Dalam kasus anak kecil, mereka membutuhkan lebih sedikit bahasa verbal dan lebih banyak ekspresi wajah dan bahasa tubuh untuk memahami pikiran dan perasaan mereka. Mengajukan pertanyaan kepada mereka akan memungkinkan mereka untuk membagikan perasaan mereka kepada Anda.