by

Berbagai Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Ampuh dan Efektif

Kondisi gigi sensitif kadang dapat mengganggu aktivitas. Rasa ngilu dan nyut-nyutan yang timbul saat sedang menikmati makanan dapat membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Bahkan, nyeri yang timbul bisa dirasakan berjam-jam setelah makan. Yuk, cari tahu berbagai pilihan obat yang ampuh untuk mengatasi gigi ngilu berikut ini.

Anda bisa mengurangi dan menangani gigi sensitif mulai dari mengubah kebiasaan sehari-hari. Simak cara mengatasi juga mengobati gigi ngilu atau sensitif di bawah ini.

1. Menggosok Gigi dengan Benar

Apakah Anda sudah menggosok gigi dengan cara yang tepat? Misalnya, menggosok gigi dengan teratur, yakni dua kali dalam sehari. Tidak cukup sampai di situ saja, gunakan pula teknik menyikat gigi yang benar untuk membersihkan seluruh bagian gigi dan mulut.

Sikat dengan lembut dan hati-hati di sekitar garis gusi sehingga Anda tidak menghilangkan jaringan pada gusi. Menyikat gigi dengan keras dapat membuat lapisan enamel menjadi tipis, sehingga sensitivitas gigi Anda meningkat.

Pegang sikat gigi Anda pada sudut 45 derajat. Sikat perlahan dalam gerakan melingkar dan tahan sikat gigi di ujung jari Anda, jangan di telapak tangan Anda. Sebaiknya gunakan jenis sikat gigi berbulu lembut untuk mengurangi risiko gigi ngilu atau sensitif.

Anda juga bisa menggunakan bantuan benang gigi (dental floss) untuk menjangkau kotoran sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit dijangkau menggunakan sikat gigi.

2. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Anda bisa menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif yang mengandung fluoride. Pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif mengandung bahan aktif yang disebut dengan potasium nitrat.

Kandungan tersebut membantu untuk menghalangi tubulus kecil di dentin yang sensitif. Tidak hanya itu saja, pasta gigi ini mengandung senyawa yang membantu menghalangi penyebaran sensasi dari permukaan gigi ke saraf.

Biasanya membutuhkan beberapa kali penggunaan sebelum sensitivitas gigi berkurang. Setelah beberapa kali penggunaan, pasta gigi dapat menghilangkan rasa nyeri yang berhubungan dengan gigi sensitif.

Jika Anda menggunakannya secara teratur, pasta gigi merupakan salah satu cara paling tepat mengobati gigi ngilu atau sensitif dalam jangka panjang.

3. Hindari Makanan dan Minuman yang Asam

Mengatasi gigi ngilu bukan hanya menggunakan obat yang dikonsumsi, tapi juga bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup dan kebiasaan, termasuk asupan makanan dan minuman.

Makanan atau minuman asam dapat mengikis lapisan enamel sehingga gigi makin sensitif. Sebaiknya mulai batasi konsumsi makanan dan minuman asam untuk mengurangi risiko gigi ngilu atau sensitif.

Tunggu hingga setidaknya 20 menit setelah memakan makanan asam untuk menyikat gigi demi mengatasi rasa ngilu yang timbul. Jika jarak waktunya kurang dari 20 menit atau Anda langsung menyikat gigi, hal itu dapat menyakiti lapisan enamel gigi Anda.

4. Berkumur dengan Hidrogen Peroksida

Daripada menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol, Anda bisa beralih menggunakan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida merupakan salah satu antiseptik yang ringan dan mempunyai fungsi desinfektan.

Tidak hanya untuk mensterilkan luka, produk ini juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat untuk mengatasi gigi ngilu dan sensitif dengan cara membasmi kuman penyebabnya.