by

Cara Cuci Tangan yang Benar Menggunakan Sabun Agar Terhindar dari Virus Corona

-Kesehatan-56 views

Berbagai macam upaya gencar-gencarnya dilakukan oleh pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penularan virus Corona dari satu orang ke orang yang lainnya. Hanya saja jika dilihat sampai sekarang ini masih tetap banyak diantara penduduk yang positif terjangkit Covid 19, sebanding juga dengan angka kematian yang disebabkan olehnya, karena bertambah besar dari waktu ke waktu. Bahkan efek yang dirasakan ini juga sangatlah luas, termasuk juga bagi perekonomian yang ada di Indonesia, terjadi krisis dimana-mana.

Untuk itu sebaiknya dengan kesadaran diri sendiri ada baiknya ikut berkontribusi di dalam mencegah agar tidak sampai tertular penyakit yang satu ini. Karena jika seandainya Ada sendiri tertular, maka akan jauh lebih mudah untuk menularkan kepada orang lain yang ada di sekitar Anda, termasuk adalah keluarga tercinta. Resikonya sangatlah besar karena nyatanya memang infeksi dari virus yang satu ini bisa menyebabkan komplikasi dengan beragam masalah kesehatan yang lebih berat. begitu juga dengan resiko kematian yang menjadi dampak akhirnya.

Sebenarnya Anda bisa memulai mencegah agar tidak sampai terkena infeksi virus Corona ini dengan membiasakan diri untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Sederhana saja, karena memang tangan ini sebenarnya adalah media utama yang digunakan untuk menyebarkan berbagai macam penyakit. Mengingat Anda sendiri juga tidak tahu di balik tangan yang bersih tersebut sebenarnya terkandung virus, bakteri dan sejenisnya yang sangat mungkin untuk menginfeksi tubuh kapan saja.

Berikut ini diantaranya langkah cuci tangan yang benar menggunakan sabun yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Basahi seluruh tangan menggunakan air bersih, usahakan jenis air yang digunakan ini adalah air yang mengalir, karena nantinya dapat menurunkan resiko kuman akan kembali lagi menempel di tangan Anda.
  2. Berilah sabun ke telapak tangan Anda, tak perlu terlalu banyak, melainkan secukupnya saja. Hendaknya lebih dianjurkan bagi Anda di dalam menggunakan sabun kesehatan atau dengan kandungan antiseptik yang bagus untuk melawan virus dan juga bakteri yang ada di permukaan tangan Anda tersebut.
  3. Gosok sabun tersebut sampai berbusa kemudian pakailah untuk membersihkan seluruh bagian tangan, mulai dari bagian telapak, kemudian juga punggung tangan sampai dengan sela-sela jari, tak perlu terlalu lama, melainkan cukup sekitar 20 detik saja sudah cukup untuk membunuh kuman penyebab penyakit.
  4. Jangan lupa untuk membersihkan area yang ada di bawah kuku tangan, area lainnya yang sering kali dilupakan adalah di bawah kuku, padahal disinilah sebenarnya kotoran tersebut menempel, termasuk mungkin keberadaan dari kuman. Jadi sebenarnya lebih disarankan untuk rutin memotong kuku agar selalu pendek untuk mencegah kuman hidup pada area tersebut, membuatnya tetap bersih.
  5. Bilas tangan menggunakan air yang mengalir sampai benar-benar bersih, setelah itu maka Anda dapat mengeringkannya menggunakan handuk dan juga tisue. Hanya saja di sarana umum sebaiknya hindari pemakaian lap yang sama dengan yang digunakan oleh orang lain. Karena sangat mungkin menyebarkan penyakit. Sebaiknya gunakan tisue sekali pakai saja yang jauh lebih menjamin kebersihannya.

Setidaknya lakukan langkah membersihkan atau mencuci tangan tersebut menggunakan sabun secara teratur. Setelah dan sebelum melakukan sesuatu pastinya. Dengan demikian maka nantinya Anda dapat terhindar dari bahaya virus Corona ini. Selain mencuci tangan menggunakan sabun terapkan juga social distancing dan yang lainnya, temukan beragam informasi kesehatan menarik lain di Halodoc.

News Feed