Saat-saat liburan merupakan waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Agar lebih berkesan tentu lebih baik untuk memilih tempat yang jauh dari rumah dan merupakan tempat wisata terkenal dikunjungi banyak orang. Atau juga bisa memilih luar negeri sebagai tempat mengisi waktu liburan.

Namun liburan dengan waktu yang tidak terlalu panjang atau jarak yang sangat jauh tentu membutuhkan transportasi yang tidak sedikit karena menggunakan pesawat terbang. Akan tetapi hal tersebut dapat disiasati dengan mencari promo tiket pesawat murah sehingga dapat menekan biaya transportasi.

Dengan demikian liburan untuk bisa merefresh kembali tubuh dan pikiran dengan budget pas-pasan akan dapat terwujud. Untuk dapat memperoleh promo tiket pesawat tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Mengenali Terlebih Dulu Destinasi Wisatanya

Strategi yang paling awal untuk dilakukan adalah harus mencari tahu mengenai destinasi wisata yang akan dikunjungi dengan promo tiket murah. Dalam hal ini, carilah informasi mengenai rata-rata harga tiket yang dijual untuk rute yang dituju.

Dengan demikian seberapa besar harga tiket yang paling murah juga akan diketahui. Pertimbangkan juga mengenai jarak antara bandara dengan destinasi wisata serta kendaraan yang akan digunakan untuk mencapainya.

Mengecek Tanggal Merah Di Kalender

Tanggal merah yang dimaksud bukanlah hari minggu akan tetapi hari-hari libur nasional yang telah ditetapkan oleh negara. Cara ini merupakan cara yang sudah banyak diketahui oleh sebagian orang sehingga harus cepat dalam melakukannya agar dapat kebagian promo tiketnya.

Berdasarkan hal tersebut, lima sampai sepuluh hari sebelum hari libur nasional sudah disediakan tiket promo liburan menuju tempat wisata tertentu. Selain bisa memdapatkan promo tiket murah, hal ini juga dapat digunakan untuk mengatur jadwal cuti yang tepat nantinya.

Memesan Tiket Pada Hari-Hari Tertentu

Jika mengecek harga terlalu sering pasti nilainya akan berubah-ubah dimana dapat semakin naik secara terus menerus. Dalam hal ini tentu ada saat dimana tiket mengalami penurunan harga. Akhir pekan merupakan saat-saat dimana banyak orang membutuhkan serta membeli tiket pesawat sehingga harga akan semakin meningkat jika dicek terus menerus.

Sementara itu, pada hari-hari pertengahan merupakan kondisi sebaliknya yaitu orang-orang yang memesan tiket akan lebih sedikit. Dengan demikian untuk dapat tetap memperoleh penghasilan, maskapai tentu akan menurunkan harga tiket lebih murah.

Sehingga orang-orang yang mengecek harga pada tanggal tersebut tentu dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk mendapatkan promo tiket. Adapun hari-hari yang menawarkan harga rendah tersebut adalah hari Selasa dan Rabu.

Menjadi Pemburu Tidak Terlihat

Dalam melakukan pengecekan harga yang berkali-kali, pastikan bahwa browser yang digunakan menggunakan mode tak terlihat. Mode tersebut dapat diaktifkan melalui pengaturan pada browser yang biasa diebut dengan Incognito. Tujuan dari mode ini diaktifkan adalah agar dapat menghilangkan history pencarian tiket dengan selalu mengecek harganya. Hal ini sangat penting karena semakin sering mengecek harga maka juga akan semakin jauh dari promo tiket.

Harga yang ditampilan tersebut ditentukan dengan jumlah cookie yang telah digunakan dimana semakin banyak cookie pencarian harga maka harganya juga akan semakin meningkat. Namun jika menggunakan mode Incognito, pencarian sebelumnya tidak akan terlihat. Dengan kata lain, setiap kali melakukan pengecekan harga akan dilakukan ibaratnya dengan tangan bersih.

Mengaktifkan Pemberitahuan Dan Subscibe Email

Strategi mencari promo tiket pesawat juga dapat dilakukan dengan berlangganan email dengan adanya pemberitahuan dari agen travel online. Pemberitahuan tersebut tentu mengenai penawaran-penawaran yang dapat menarik pelanggan.

Selain itu, promo-promo yang dikeluarkan oleh pihak maskapai akan disebar melalui newsletter email. Oleh karena itut, pemberitahuan akan adanya promo tiket pesawat dapat diketahui melalui cara ini. Selain itu, cara ini juga lebih efektif daripada harus selalu update tentang sosial media atau mobile-app dari pihak agen travel.

Memperluas Koneksi

Memperkuas koneksi dalam hal ini adalah mencari teman yang berasal dari agen travel. Dengan adanya relasi yang dihasilkan tentu harga promo terbaru yang diadakan oleh maskapai penerbangan dapat diketahui dengan lebih cepat. Hal ini juga tentu menguntungkan bagi teman karena menambah pelanggan pada agen travelnya.

Membeli Tiket Secara Terpisah

Stratehi ini dapat dilakukan jika mengisi waktu liburan dengan keluarga maupun sahabat. Dimana saat melakan pemesahan hindari untuk memberong tiket dalam satu waktu. Akan lebih baik jika memesan secara terpisah. Hal ini dikarenakan harga tiket yang muncul akan dipengaruhi oleh tempat duduk penumpang.

Berdasarkan hal ini, harga tiket lebih murah yaitu tempat duduk yang dekat dengan ruang mesin akan dibandrol lebih murah dibandingkan bangku lainnya. Apabila memesan tiket untuk tiga orang namun kursi penumpang yang tersedia hanya tersisa dua orang. Maka harga untuk dua bangku yang lebih murah tersebut tidak akan muncul.

Melainkan yang muncul adalah harga kursi lain yang jauh dengan mesin dan tentunya lebih mahal. Berbeda halnya dengan memesan secara terpisah maka akan mendapatkan harga tiket lebih murah.

Jika dimisalkan harga tiket yang dekat dengan mesin adalah 400 ribu rupiah sedangkan yang tidak 500 ribu rupiah. Maka membeli dua tiket seharga 400 ribu rupiah dan satu tiket seharga 500 ribu rupiah tentu akan lebih murah dibandingkan dengan membeli tiga tiket seharga 500 ribu rupiah. Biaya transportasi akan save 200 ribu rupiah yang cukup lumayan untuk menghemat pengeluaran bukan.

Menggunakan Bandara Palsu

Menggunakan bandara palsu dalam hal ini bukanlah bandara bohongan akan tetapi tetap bandaran yang sesungguhnya. Namun bandara yang digunakan adalah bandara alternatif yang memberikan penawaran tiket lebih murah. Sebagai pandangan dimisalkan akan memilih Bandung sebagai tempat liburan dan memilih Bandara Husein Sastranegara sebagai tujuan penerbangan.

Namun harga tiket yang ditawarkan melebihi budget yang dimiliki. Setelah mengecek harga tiket pesawat menuju Bandara Tasikmalaya yang cukup dekat dengan Bandung ternyata harganya jauh lebih murah.

Sehingga untuk dapat menghemat pengeluaran dapat dipilih bandara Tasikmalaya sebagai alternatif mendapatkan tiket murah. Kemudian untuk mencapai kota bandung dapat dilakukan dengan transportasi umum darat yang lebih murah seperti bus atau yang lainnya.

Menggunakan Dua Maskapai Berbeda

Strategi ini dapat digunakan untuk perjalanan yang membutuhkan transit atau penerbangan dua kali. Dalam hal ini, promo tiket pesawat dapat diperoleh dengan memesan maskapai yang berbeda danĀ  sedang mengadakan promo untuk tiketnya. Selain itu, meskipun menggunakan satu maskapai yang sama tidak akan menjamin untuk mendapatkan potongan harga dengan memesan tiket sebanyak dua kali atau tiket terusan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengecek harga tiket maskapai lain dengan tujuan yang sama. Sehingga nantinya dapat dibandingkan mengenai pengeluaran total daro kedua maskapai. Cara ini juga dapat digunakan untuk perjalanan pulang pergi sehingga akan didapatkan harga tiket yang lebih murah.

Mengetahui Fitur Price Alerts di Aplikasi Agen Travel

Mobile-app milik agen travel tertentu juga menyediakan fitur rahasia yang dapat dimanfaatkan penggunanya. Fitur price alerts merupakan layanan yang digunakan untuk mengontrol harga dari tiket pesawat. Dalam hal ini, fitur tersebut akan memumculkan harga yang diinginkan berdasarkan tiket yang tersedia.

Dengan demikian, tidak perlu lagi mengecek harga satu per satu berdasarkan jenis maskapai penerbangannya. Selain itu, hebatnya dari fitur ini adalah dapat memunculkan harga sesuai dengan budget yang dimasukkan melalui setting awal. Setelah itu, apabila terdapat penurunan harga hingga mencapai batas harga yang dimasukkan sebelumnya, maka pengguna akan secara langsung mendapatkan notifikasi mengenai informasi tersebut.

Itulah beberapa strategi untuk bisa mendapatkan promo tiket pesawat murah yang dapat dicoba untuk liburan atau traveler. Dengan adanya strategi diatas, liburan akan terasa menyenangkan tanpa mengkhawatirkan pengeluarannya.