Dalam kondisi tertentu seringkali proses menyusui tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk itu mengatasi hal ini dokter akan menganjurkan pemberian susu formula supaya kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi dengan maksimal. Walaupun ada banyak susu formula yang telah dijual bebas di pasaran. Anda tidak dianjurkan untuk memilih susu formula secara sembarangan. Ada baiknya jika Anda mengkonsultasikannya kepada dokter anak terlebih dahulu.

Selain berkonsultasikan kepada dokter Anda pun juga bisa menambah pengetahuan seputar ciri susu formula yang layak untuk dikonsumsi. Untuk itu Anda bisa membedakan antara jenis susu yang layak dikonsumsi untuk si kecil maupun susu yang tidak layak. Untuk mengetahui ciri susu pertumbuhan terbaik yang layak dikonsumsi untuk si kecil Anda bisa mengetahuinya pada penjelasan berikut ini:

  1. Tidak dalam masa expired

Untuk susu formula yang sudah expired tentu sudah masuk sebagai kategori susu formula yang tidak layak dikonsumsi. Hal ini seringkali menjadi kesalahan para orangtua ketika melakukan pembelian susu formula yang tidak melakukan pengecekan pada bagian kemasan tanggal kadaluarsanya. Untuk itu Anda harus lebih teliti ketika hendak membeli susu formula.

  1. Tidak ada cacat pada kemasan

Untuk susu formula pada bagian kemasan yang mengalami cacat sudah bisa dipastikan bahwa susu formula tersebut tidak layak dikonsumsi. Hal ini berarti bahwa susu formula tersebut sudah melalui proses penyimpanan dalam jangka waktu yang panjang misalnya dari pabrik ke gudang dan sampai pada toko swalayan. Untuk mengetahui hal ini Anda bisa memperhatikan dari segi aluminium foil nya atau kemasan Kotak nya. Pastikan tidak ada lubang atau gigitan tikus.

  1. Tidak ada bubuk yang menggumpal

Apabila susu formula bubuk ada yang menggumpal maka hal ini berarti bahwa susu formula sudah mengalami proses oksidasi akibat kontak dengan udara atau air. Sebaiknya Anda tidak memberikan susu formula yang menggumpal meskipun masa kadaluarsanya masih panjang.

  1. Jangan berikan susu yang sudah lebih dari 2 jaM

Saat membuat susu formula sebaiknya susu tersebut langsung diminum habis. Sementara para orang tua tidak dianjurkan apabila memberikan susu yang sudah lebih dari 2 jam dari pembuatan atau setelah diseduh. Apabila susu lebih dari 2 jam maka beresiko terhadap kontaminasi pada bakteri patogen sehingga susu formula tersebut tidak mempunyai sel hidup yang seperti ASI.

  1. Tidak tercemar oleh logam berat

Meskipun ada banyak substansi yang berbahaya di beberapa merk pada susu formula dan mungkin tidak akan terlihat oleh mata telanjang. Apabila mengalami kontaminasi bakteri yang masuk pada susu formula maka bakteri jahat tersebut akan dapat dengan mudah berkembang. Untuk itu para orang tua sangat dianjurkan untuk lebih berhati-hati supaya susu formula yang Anda berikan kepada si kecil tidak tercemar oleh logam berat atau bakteri yang lain.

Untuk bisa memastikan bahwa Anda berada pada merk susu formula terbaik terutama untuk susu pertumbuhan si kecil maka Anda bisa memilih susu Morinaga yang sudah terpercaya dan terbukti sebagai susu formula terbaik dan paling aman. Meskipun Morinaga dibanderol dengan harga yang lebih mahal namun dibalik dari harga mahal tersebut sesuai dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil.

Dari sekian banyaknya pilihan susu formula yang ada di pasaran mungkin sering kali membuat para orangtua merasa dilema dan kebingungan dalam menentukan pilihan pada susu formula yang tepat. Namun tenang saja, setelah kehadiran susu formula Morinaga Anda tidak perlu takut tidak mendapatkan susu formula terbaik, sementara Morinaga sudah terdaftar sebagai susu formula yang menyerupai ASI.