by

Inilah Beberapa Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri yang Perlu Anda Ketahui

-Kesehatan-57 views

Sakit pinggang sebelah kiri merupakan salah satu sakit yang bisa dialami oleh seseorang karena semakin bertambahnya usia. Sakit yang sangat spesifik ini sendiri harus ditangani dengan segera karena bisa berbahaya dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Tidak hanya pinggang saja yang akan merasa sakit, tetapi juga bisa merambah ke daerah tubuh lain seperti sakit di bagian bokong, pangkal paha, dan juga di bagian paha bagian belakang. Oleh karena itulah sakit pinggang juga harus diseriusi dan diobati dengan baik. Salah satu cara untuk mengatasi masalah sakit pinggang adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sakit pinggang di bagian sebelah kiri tersebut mempunyai banyak hal yang menyebabkannya, seperti misalnya karena tanda dari hal di bawah ini:

  • Otot tegang

Penyebab pertama yang dapat membuat Anda merasa sakit pinggang di bagian sebelah kiri adalah karena otot yang tegang. Masalah ini timbul karena melakukan gerakan yang tidak biasa dan juga dapat terjadi karena mempunyai aktivitas yang berlebih. Ketika melakukan gerakan punggung yang berat maka bisa membuat otot tertarik dan membuat otot tegang hingga robek. Hal tersebut yang dapat menyebabkan sakit pinggang, tegang otot, dan juga rasa sakit yang dirasakan pada bagian pinggang.

  • Skiatika

Hal selanjutnya yang dapat menyebabkan sakit pinggang di bagian kiri adalah skiatika. Kondisi ini adalah ketika tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan tungkai. Ketika ada pergeseran saraf di bagian tulang belakang dan juga kerusakan tulang punggung maka hal tersebut yang akan menyebabkan terjadinya penjepitan saraf. Sehingga tertekan atau penjepitan saraf tersebut yang membuat skiatika yang membuat penderitanya banyak mengalami kesemutan dengan rasa nyeri yang dialami dari pinggang kiri hingga ke tungkai dan kaki.

  • Stenosis spinal

Kondisi selanjutnya yang menyebabkan sakit pinggang di bagian sebelah kiri adalah stenosis spinal. Kondisi ini adalah penyempitan tulang belakang yang disebabkan oleh tertekannya saraf tulang belakang. Stenosis spinal ini bisa menyebabkan kram, kebas, dan juga tubuh menjadi lemas karena saraf yang tertekan. Kondisi tersebut akan lebih parah ketika berdiri dan juga berjalan sehingga harus ditangani dengan segera. Adapun untuk penyebab stenosis spinal ini adalah karena penuaan sehingga membuat perubahan tulang dan tekanan pada saraf yang menyebabkan nyeri.

  • Gangguan ginjal

Hal lainnya yang dapat menyebabkan sakit pinggang adalah karena mengalami gangguan pada ginjal. Anda harus memperhatikan rasa sakit di bagian sebelah kiri dengan seksama karena hal tersebut juga menandakan bahwa ginjal Anda sedang tidak baik-baik saja. Ginjal yang letaknya dekat dengan pinggang dapat sakit karena menandakan penyakit yang menyerang ginjal seperti batu ginjal dan infeksi ginjal. Oleh karena itulah ketika mengalami rasa nyeri yang dirasakan pada bagian tubuh di antara tulang rusuk bawah dan panggul maka sebaiknya segera cek ke dokter karena bisa jadi menandakan ginjal bermasalah.

  • Cedera fisik

Sakit pinggang sebelah kiri yang terakhir juga bisa disebabkan oleh cedera fisik. Ketika mengalami kerusakan pada otot dan tulang juga dapat ditandai dengan rasa sakit pinggang. Oleh karena itulah ketika Anda mengalami cedera dan kemudian merasakan rasa sakit maka sebaiknya segera untuk diatasi sehingga cedera tersebut menjadi lebih parah. Misalnya saja cedera fisik yang dapat membuat rasa sakit di pinggang adalah patah tulang panggul ataupun cedera otot di sekitar pinggang.

News Feed