by

Kasur Kapuk Produk Jadul Dengan Segala Kelebihan dan Kekurangannya

Kasur kapuk memang menjadi salah satu kasur yang menjadi pilihan alas untuk tidur bagi sebagian orang. Meskipun kasur ini dianggap sudah tergeser dengan jenis kasur baru seperti Springbed, tetapi bagi sebagian orang terutama orang – orang zaman dulu kasur kapuk ini tetap menjadi pilihan tersendiri.

Ya, penggunaan kasur kapuk ini memang identik dengan orang – orang zaman dulu bahkan tidak jarang kita masih suka menemui kasur ini digunakan dirumah nenek ataupun saudara kita di kampung halaman karena di kota penggunaan kasur kapuk ini sudah mulai berkurang dan tergeser dengan penggunaan kasur lipat maupun kasur angin.

Namun ternyata terdapat beberapa alasan mengapa bagi sebagian orang penggunaan kasur kapuk ini masih layak untuk digunakan sebagai alas tidur, alasannya diantara lain sebagai berikut :

  1. Harga kasur kapuk Lebih Terjangkau

Jika dibandingkan dengan jenis kasur – kasur baru yang bermunculan memang harga kasur kapuk ini cenderung lebih terjangkau karena material dan bahan – bahan yang digunakan pun bukan merupakan bahan – bahan yang premium, kasur kapuk ini hanya menggunakan isian bunga kapuk saja.

  1. Kasur kapuk Tidak Mudah Panas

Kasur kapuk ini bahan isiannya tidak mudah panas saat ditiduri, berbeda halnya dengan kasur busa yang lama kelamaan jika ditiduri akan panas maka tidak dengan kasur kapuk yang sirkulasi udara didalamnya lebih besar sehingga membuat kasur ini tidak mudah panas.

  1. Keempukan Kasur Bisa Diatur

Biasanya kasur kapuk punya keempukan yang statis jika masih dalam kondisi yang baru, karena kasur ini diisi dengan bahan kapuk jadi anda bisa menentukan sendiri sebanyak apa kapuk yang akan dimasukan kedalam kasur.

  1. Bobot Ksur yang Ringan

Karena kasur ini hanya diisi dengan kapuk biasanya bobot kasurnya pun menjadi lebih ringan dari kasur lain seperti spring bed. Jika belum pernah dicuci ataupu terkena air yang berlebihan maka kasur ini akan tetap ringan.

Tetapi meski kasur ini dianggap memiliki beberapa keunggulan yang membuat kasur kapuk ini masih menjadi pilihan, masih terdapat juag beberapa kekurangan yang bisa dipertimbangkan bagi anda – anda yang masih menggunakan kasur kapuk ini, diantara lain :

  1. Sulitnya Mencari isian Kasur

Karena seiring berjalannya waktu orang yang menggunakan kasur kapuk ini berpindah ke jenis kasur lain sehingga ketika kita ingin mengganti isian kasur kapuk inipun kita menjadi sulit mencari orang yang bisa menggantinya karena produksi kasur kapuk ini kini telah menipis.

  1. Potensi allergen di Kasur Lebih besar

Kasur kapuk ini menggunakan bahan – bahan yang dapat menghantarkan alergi seperti debu. Jadi ada baiknya jika anda memiliki alergi terhadap debu atau gangguan pernapasan lainnya sebaiknya anda menghindari penggunaan kasur kapuk ini karena khawatir akan menimbulkan alergi.

  1. Lebih Berpotensi Menjadi Sarang Tungau

Karena kasur kapuk ini merupakan kasur yang setiap tepi bagiannya di jahit sehingga membuat kasur ini memiliki banyak lekukan yang mungkin menjadi sarang untuk tungau hidup. Sedangkan saat kita membersihkan kasur terkadang kita kesulitan membersihkan bagian lekukan – lekukannya, inilah yang berpotensi untuk membuat tungau bisa hidup di kasur.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dan penggunaan kasur kapuk ini, semoga dapat membantu anda yang sedang memilih atau mencari tahu apakah penggunaan kasur kapuk ini masih layak di zaman seperti sekarang.

News Feed