Salah satu tantangan ketika hendak menikah adalah soal persiapan dana. Kamu perlu memperhitungkan dengan seksama agar dana cukup. Lalu kapan saatnya kamu harus pinjam dana untuk kebutuhan menikah? Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman untuk kebutuhan pernikahan.

  1. Buat anggaran dana pernikahan

Sesederhana apapun pernikahan mulai dari akad hingga melangsungkan resepsi pernikahan tetap harus diperhitungkan anggaran dananya. Sesuaikan anggaran dana dengan jumlah undangan. Pastikan soal konsumsi undangan karena ketersediaan konsumsi menjadi salah satu hal yang paling krusial dibandingkan gengsi tempat pernikahan.

  1. Diskusikan dengan pasangan

Diskusikan dengan pasangan termasuk keluarga pasangan tentang konsep pernikahan. Biasanya orang tua ada yang ingin menyelenggarakan pernikahan digelar besar-besaran mengundang seluruh keluarga, kerabat dan kolega. Terutama bagi anak pertama karena biasanya orang tua pun punya harapan bisa menggelar pernikahan dengan meriah.

  1. Transparansi dana dengan keluarga pasangan

Agar tidak ada perselisihan di antara keluarga pasangan, transparansi dana tetap perlu dibicarakan. Kecuali jika sudah ada kesepakatan sebelumnya. Tradisi setiap daerah berbeda-beda dan harus disesuaikan jika kedua pasangan berasal dari suku yang berbeda.

  1. Bicarakan kesepakatan angpao pernikahan

Hal lain yang juga penting tetapi sedikit tabu dibicarakan adalah soal pembagian angpao pernikahan. Namun, beberapa penyelenggara pernikahan umumnya sudah menyediakan kotak terpisah bagi para undangan yang ingin memberikan angpao kepada orang tua kedua mempelai atau pasangan yang tengah melangsungkan pernikahan.

  1. Hindari utang terlalu besar pasca pernikahan

Pernikahan tidak bisa dimungkiri memang membutuhkan dana yang cukup besar sehingga beberapa pasangan akhirnya pinjam dana kepada keluarga termasuk lewat lembaga keuangan.

Satu hal penting ketika ingin mengajukan pinjaman dana, pastikan bahwa setelah pernikahan utang tersebut tidak terlalu besar dan memberatkan bagi kedua pasangan. Soal pembagian tanggung jawab utang pun penting untuk dibicarakan apakah hanya ditanggung oleh mempelai laki-laki saja atau ditanggung bersama.

Yang jelas, pastikan bahwa cicilan utang nantinya tidak melebihi 30% pendapatan bulanan, baik itu pendapatan salah satu pasangan atau pendapatan gabungan jika mempelai perempuan juga bekerja.

Sebagai contoh, jika gaji kedua pasangan digabungkan sebesar Rp20 juta per bulan, artinya ada kelonggaran dalam cicilan maksimal Rp6 juta. Batas tersebut sudah batas maksimal jika ingin pinjam dana dan pengembaliannya secara dicicil.

Kredivo memberikan kredit limit kepada nasabah sampai dengan Rp30 juta. Dana tersebut tentu tidak hanya bisa digunakan untuk modal usaha atau renovasi rumah, tetapi juga dapat digunakan untuk kebutuhan persiapan pernikahan.

Keuntungannya, Kredivo bisa digunakan untuk belanja online. Bisa jadi alternatif untuk membeli souvenir pernikahan secara online tetapi pembayarannya dengan menggunakan Kredivo dan bisa dicicil secara fleksibel.

Tidak perlu khawatir bertransaksi lewat Kredivo. Kredivo sudah terdaftar secara resmi dan diawasi langsung oleh OJK. Malahan sistem transaksi online pun dilengkapi dengan fitur OTP sehingga lebih aman.

Kredivo juga punya dua produk pinjaman yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo yang dikhususkan bagi member premium. Salah satunya bisa digunakan jika dana pernikahan dianggap kurang.

Untuk bisa menjadi member premium Kredivo, penuhi dulu beberapa persyaratan berikut:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  4. Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Proses persetujuan bisa dilakukan hanya lewat aplikasi saja kok. Untuk itu, download dulu aplikasi Kredivo di Google Play Store maupun App Store. Bunga Kredivo cukup kompetitif yaitu 2,95% per bulan dengan pilihan tenor yang fleksibel mulai dari 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan.

Dengan kemudahan tersebut, kita bisa memanfaatkan Kredivo sebagai dana tambahan untuk memenuhi anggaran pernikahan.