by

Sunblock dan suncreen apakah sama?

-Kesehatan-144 views

Wajah kusam merupakan salah satu efek yang ditimbulkan dari radiasi sinar matahari ketika mengenai kulit. Wajah terlihat lebih hitam dan menimbulkan belang, warna kulit yang terpapar sinar matahari dengan bagian yang tertutupi akan terlihat sekali perbedaannya dengan warna yang berbeda. tentu hal ini selain tidak sedap dipandang juga mengganggu penampilan. Sebagai masayarakat yang tinggal di wilayah tropis dengan sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun Apalagi bagi anda yang sering sekali melakukan aktivitas di luar ruangan tentu hal ini sudah menjadi musuh anda sehari-hari.  Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, ada krim yang bisa di gunakan untuk menahan sinar matahari agar tidak membakar kulit yang terpapar sinar matahari. Krim ini di sebut dengan tabir surya. Krim ini dapat di temukan dengan mudah di jual bebas baik di toko kosmetik atau toko obat. Krim tabir surya yang beredar dipasaran ada dua jenis yaitu sunblock dan sunscreen. Kedua jenis krim ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari  yang dapat merusak kulit. Meskipun terlihat sama namun pada dasarnya ada beberapa perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Beberapa perbedaan diantara keduanya akan dijelaskan sebagai berikut:

  1. Cara perlindungan suncreen dan sunblock

Meskipun memiliki fungsi umum yang sama yaitu sebagai tabir surya untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari namun fungsi khusus diantara keduanya berbeda. sunscreen sebagai lotion pelindung tabir surya dapat meresap hingga lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang masuk kedalam kulit. Pada umumnya sunscreen hanya dapat melindungi kulit dari sinar UV B saja. Namun pada perkembangannya saat ini sudah banyak sunscreen yang sudah bisa melindungi dari UVA bahkan ada juga yang dilengkapi dengan kandungan yang bisa mencegah penuaan dini, flek hitam dan sebagainya. Sinar UV B pada sinar matahari yang terkena kulit dapat menyebabkan kulit menjadi perih, menyebabkan kulit kusam dan terasa terbakar. Sedangkan paparan sinar UV A berlebih bisa menyebabkan kanker kulit. Baik UV A dan UV B berdampak buruk pada kulit ketika mengenai kulit dalam jangka waktu yang lama.

Sunblock dan suncreen apakah sama?

Jika sunscreen dapat menyerap sinar  UV A dan UV B yang telah masuk pada lapisan kulit terluar. Berbeda dengan sunblock yang dapat memberikan perlindungan pada kulit lebih cepat. Perlindungan di berikan pada kulit bahkan sebelum sinar matahari masuk pada kulit. Dan pada sunblock hampir semuanya sudah dapat melindungi dari sinar UV A dan juga UV B. Sebagai mana nama dari tabir surya ini sunblock dapat memberikan blokade pada sinar matahari untuk mencapai lapisan kulit. Biasanya fisik dari sunblock memang lebih berat dari pada sunscreen yang lebih ringan dan bertekstur lebih encer dari pada sunblock yang seringkali berbentuk krim.

  1. kandungan bahan dari sunscreen dan sunblock

Pada sunscreen mengandung bahan aktif yang dapat mengurangi penyerapan radisi dari sunar uv kedalam kulit. Beberapa bahan yang dimaksud antara lain avobezone, homosalate, helioplex,octinoxate dan lain sebagainya. Sedangkan pada sunblock kandungan utamanya mengandung mineral zinc oxide dan titaniun dioxide. Zinc oxide memberikan perlindungan utama dalam mencegah energi panas yang dilepaskan sinar uv masuk kedalam kulit. Mineral ini berfungsi sebagai pemecah panas dan juga memiliki kandungan anti iritasi dan cocok di gunakan untuk kulit sensitif. Sedangkan titaniun dioxide berfungsi untuk merefleksikan sinar matahari dan memiliki kestabilan yang baik sehingga tidak mudah rusak ketika terpapar sinar matahari.

  1. kelebihan dan kekurangan sunscreen dan sunblock

Dari penjelasan diatas  Bukan berarti sunblock lebih baik dari pada sunscreen atau sebaliknya, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Anda bisa mengaplikasikan sunscreen dan sunblock pada kondisi tertentu sesuai dengan kebutuhan. Sunscreen memiliki tektur yang lebih lembut dan kandungan bahan yang dapat menyerap kulit dengan baik. Sehingga sunscreen cocok di gunakan bersama dengan penggunaan bahan make up lainnya. Misalkan ketika anda sedang berkegiatan di luar ruangan yang membutuhkan riasan. Maka menggunakan sunscreen menjadi piihan yang tepat. Karena sunscreen dapat di baaurkan dengan penggunaan produk make up lainnya. Berbeda ketika anda sedang berolah raga, menggunakan sunscreen tidak akan memberikan perlindungan maksimal karena suncreen tidak tahan air, sedangkan kemampuan sunblock dalam menahan keringat jauh lebih baik. Sehingga perlindungan terhadap kulit ketika anda sedang berolah raga menjadi lebih maksimal. Kegiatan seperti surving, bermain di pantai atau berenang dan aktivitas fisik yang mengharuskan anda berpanas-panasan di bawah terik matahari dapat di lindungi oleh sunblock.

Selanjutnya bagi anda pemilik kulit sensitif, ada baiknya anda menggunakan sunblock dari pada sunsceen karena kandungan dalam sunblock cocok di gunakan untuk kulit sensitif seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.

  1. cara penggunaan sunscreen dan sunblock

Sunscreen dan sunblock akan bekerja secara efektif ketika di gunakan 30 menit sebelum keluar ruangan, karena ketika anda menggunakan tabir surya dan langsung terkena sinar matahari maka tabir surya tersebut belum sempat membentuk tabir pada wajah anda sehingga fungsi dari tabir surya tersebut tidak memberikan efek yang optimal. Dan perlu di perhatikan bahwa lotion tabir surya ini harus dioleskan kembali setiap 2 hingga 3 jam sekali untuk mempertahankan perlindungan tetap maksimal. Ketika anda tidak mengoleskan kembali maka kulit anda masih akan memungkinkan untuk terbakar. Anda tidak perlu memakai tabir surya baik itu sunscreen atau sunblock terlalu tebal, namun aplikasikan secara kontinu selama anda berada di luar ruangan.

Terdapat beragam merek sunscreen dan juga sunblock yang di jual di pasaran. Mulai dari harga yang cukup mahal sampai produk dengan harga terjangkau. tidak selamanya produk dengan harga mahal selalu lebih bagus dari pada produk lain yang lebih murah, karena tidak semua kandungan dalam produk pasti selalu cocok dengan kondisi kulit. Jadi gunakanlah produk yang cocok untuk kulit anda. Jangan hanya terbawa iklan dengan iming-iming hasil yang menggiurkan. Jika anda sudah cocok dengan satu produk dan tidak ada pengaruh negatif dari penggunaan produk tersebut tidak ada alasan untuk berpindah produk. Namun bagaimana jika masih belum menemukan produk yang tepat. Maka tidak ada cara lain selain mencoba. lakukan penggunaan produk sampai beberapa minggu ketika hasil dari penggunaan tidak memberikan efek yang buruk maka anda bisa melanjutkan penggunaan produk. Namun ketika hasilnya buruk maka hentikan penggunaan dengan segera. Untuk mencegah ketidak cocokan dari produk baru maka jangan membeli produk baru dengan kapasitas yang besar. Sehingga ketika anda tidk cocok dengan produk tersebut anda tidak terlalu rugi membuang produk tersebut.  Demikian informasi tentang tabir surya baik sunsreen atau sunblock yang dapat di bagikan, semoga bermanfaat.

News Feed