by

Tata Cara Tayamum

Untuk melakukan sholat tentunya anda diwajibkan bersuci terlebih dahulu. Baik itu mandi janabat atau cukup berwudhu saja. Dalam kondisi normal, kita bersuci mengguTata Cara Tayamumnakan air. Namun, dalam kondisi tertentu kita bersuci menggunakan debu atau tanah bersih yang dikenal dengan sebutan tayamum.

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tayamum bisa dilakukan dalam kondisi seperti di bawah ini :

  1. Tidak tersedianya air yang cukup untuk mandi maupun wudhu.
  2. Tidak mampu menggunakan air, seperti orang yang sedang sakit, orang yang berada di dalam penjara, atau menghindari dari hal-hal yang berbahaya seperti binatang buas.
  3. Ketersediaan air sangat sedikit dan lebih dibutukan untuk bertahan hidup seperti untuk minum.
  4. Kondisinya yang tidak memungkinkan, misalnya tidak adanya alat untuk menimba air, walaupun airnya ada di dalam sumur.
  5. Khawatir habisnya waktu sholat sedangkan sumber untuk mendapatkan air jaraknya cukup jauh.
  6. Kondisi cuca yang sangat ekstrim seperti dingin dengan persyaratan tertentu.

Rukun Tayamum

  • Niat, bersamaan dengan sapuan pertama.
  • Lalu mengusap seluruh bagian wajah dengan tanah.
  • Menusap kedua tangan sampai siku.
  • Tertib

Sunah Tayamum

  • Membaca bismillah
  • Mendahulukan anggota kanan daripada yang kiri layaknya berwudhu biasa menggunakan air

Tata Cara Tayamum

Adapun tata cara tayamum adalah sebagai berikut :

  1. Yang pertama siapkan atau temukan tanah berdebu atau debu bersih.
  2. Menghadap kiblat, lalu ucapkan bismillah sembari meletakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari tangan dirapatkan.
  3. Lalu usapkan kedua telapak tangan pada seluruh wajah disertai dengan niat tayamum di dalam hati.
  4. Setelah itu letakkan kembali telapak tangan pada debu, sembari jari-jari diregangkan. Jika menggunakan cincin sebaiknya dilepas terlebih dahulu.
  5. Tempelkan telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan, sekiranya ujung-ujung jari dari salah satu tangan tidak melebihi ujung jari telunjuk dari tangan yang lain.
  6. Kemudian usapkan telapak tangan kiri ke punggung lengan kanan hingga ke bagian siku, lalu balikkan telapak tangan kiri ke lengan kanan serta usapkan sampai ke pergelangan.
  7. Yang terakhir usapkan bagian jempol kiri ke jempol kanan dan lakukan hal yang sama pada bagian kirinya. Pada tahap ini, pertemukan kedua telapak tangan serta usap-usap di antara jari-jarinya.

Bacaan Niat Tayamum

Dalam hal ini, bacalah niat tayamum ketika anda membasuh debu ke wajah. Adapun lafaz niat tayamum adalah sebagai berikut :

Nawaytu tayammuma li istibaakhatu sholati lillahi ta’ala

Artinya : “Aku berniat tayamum agar diperbolehkan sholat karena Allah.”

Doa Setelah Tayamum

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahummaj’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibadikash shalihiina. Subhaanakallohumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaaha illa anta, asytaghfiruka wa atuubu ilaik”

Artinya : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusan-Nya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh. Maha suci Engkau, ya Allah dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau, dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampun dan bertaubat pada-Mu.”

News Feed