Sepeda motor menginspirasi perasaan nostalgia, sentimentalitas, dan kebebasan dari pembatasan kehidupan normal. Keputusan untuk menjual sepeda motor itu sulit, tetapi kadang-kadang perlu untuk mengambil langkah berikutnya.

Jika Anda akan berpisah dengan mesin favorit Anda, pastikan Anda mendapatkan harga yang wajar saat jual motor. Inilah cara menjual sepeda motor untuk mendapatkan uang sebanyak yang Anda bisa dapatkan untuk itu.

Apa yang Harus Diperhatikan Dalam Jual Motor?

  1. Ketahui kendaraan Anda

Jika pembeli tahu lebih banyak tentang sepeda motor Anda daripada Anda, dia akan mendapat keuntungan besar. Lebih buruk lagi, pembeli Anda akan mulai meragukan kredibilitas Anda pada pemeliharaan kendaraan. Dengan dapat mengomunikasikan atribut sepeda motor, bersama dengan berbagi pengalaman langsung dengannya, penjual dapat dengan jelas menjelaskan manfaat sepeda motornya dan membuatnya mudah dimengerti.

  1. Bersiaplah

Siapkan semua dokumentasi Anda, contohnya termasuk: Kepemilikan dokumen hukum dengan nama Anda dan sepeda motor VIN. Paket Informasi Kendaraan Bekas , ini adalah dokumen di Ontario yang memiliki informasi seperti daftar pemilik sebelumnya, status kepemilikan kendaraan (bersih, diselamatkan, dihapuskan), dan banyak lagi. Dokumen ini akan mengubah nama berdasarkan negara bagian atau provinsi.

Sertifikasi Keselamatan, Kendaraan dapat dijual dalam kondisi “apa adanya”, atau disertifikasi oleh montir. Umumnya kendaraan bersertifikat dapat diasuransikan dan kemudian dilapisi segera, tetapi kendaraan yang dijual “apa adanya” harus disertifikasi sebelum dapat dipasang secara legal di jalan.

Kendaraan bersertifikasi juga menginspirasi lebih banyak kepercayaan pada pembeli, karena sepeda Anda harus diperiksa oleh seorang profesional untuk mendapatkan sertifikasi. Dengan demikian, kendaraan yang dijual bersertifikat sering dapat menjual sedikit lebih banyak daripada yang dijual apa adanya.

  1. Jual ke semua orang, tetapi selektif dengan siapa yang akan naik tes

Daftarkan sepeda Anda dalam setiap bentuk iklan gratis yang Anda bisa. Dapatkan sepeda motor Anda terdaftar di mana-mana. Ingin menjangkau khalayak yang lebih luas? Bawa sepeda Anda ke sepeda motor lokal  dan letakkan tanda “DIJUAL” di kursi.

Jika seorang pengendara ingin mencoba mengendarai sepeda Anda, biarkan saja, tetapi pertahankan sejumlah uang yang Anda sepakati, dan akan kembali ketika mereka membawa kembali sepeda itu tanpa kerusakan.

  1. Bersikap fleksibel

Tidak semua orang dapat memiliki uang tunai dalam waktu singkat. Anda juga dapat meminta mereka menerima tanda terima pembayaran sebagian. Dokumen tersebut harus berisi semua info yang disebutkan sebelumnya, ditambah menyebutkan bahwa mereka telah meninggalkan pembayaran parsial yang tidak dapat dikembalikan untuk jumlah X dan memiliki jumlah Y yang terhutang, dengan saldo yang harus dibayar pada tanggal tertentu. Ini melindungi pembeli dan penjual, sehingga Anda masing-masing harus memiliki salinannya.

  1. Buat iklan

Bagikan riwayat, kondisi, dan modifikasi. Unggah setidaknya lima gambar. Ini akan menghemat Anda dari tidak perlu membuang waktu mengirim email orang lebih banyak gambar secara individu. Orang-orang tertarik pada iklan yang sarat dengan gambar. Mereka ingin benar-benar melihat sepeda sebelum pergi keluar dari jalan mereka untuk melihatnya secara langsung.

Jadi lukis gambar yang akurat untuk menjual sepeda motor Anda. Semakin sedikit kejutan yang dimiliki calon pembeli Anda ketika dia melihat sepeda motor Anda secara langsung untuk pertama kalinya, semakin bahagia pembeli Anda.

  1. Modifikasi Anda mungkin tidak memiliki nilai

Lebih sering daripada tidak, modifikasi adalah biaya hangus segera setelah Anda ingin menjual sepeda motor Anda. Menghabiskan jutaan rupiah untuk membuat mesin membosankan atau menjalankan penyetelan khusus tidak meningkatkan nilai sepeda motor Anda dengan rasio 1: 1. Bagi pembeli, penyimpangan dari stok diterjemahkan menjadi sepeda motor yang berpotensi kurang andal. Sepeda mungkin memiliki sedikit terlalu banyak kepribadian pemilik sebelumnya untuk selera pembeli baru.