Zaman modern yang serba canggih saat ini membuat seluruh aktifitas yang ingin dilakukan manusia hampir semuanya dapat dilakukan secara online. Sistem online dapat membantu Anda untuk menghemat waktu, biaya, serta tenaga dan bisa dilakukan dimana saja. Salah satu yang bisa dilakukan dengan sistem online adalah pembelian tiket seperti beli tiket menonton bioskop, beli tiket kereta api, tiket menonton konser, dan lain-lain yang memerlukan adanya tiket. Tiket kendaraan umum misalnya beli tiket kereta api dapat dilakukan secara offline dan juga online.

Dengan adanya sistem online, beli tiket kereta api tidak lagi repot dan perlu mengantre lama-lama sejak pagi, dan berdesak-desakan cukup buka gadget smarthphone Anda dan lakukan dengan usapan jari saja. Sebelum beli tiket kereta api secara online, Anda harus tahu terlebih dahulu kelas yang disediakan beserta kekurangan dan kelebihannya.

Macam-macam kelas kereta api

1. Kelas ekonomi

Kelas ekonomi adalah kelas kereta api dengan harga paling terjangkau dan kapasitas kursi penumpang per gerbongnya sampai dengan seratus enam kursi penumpang. Kelas ekonomi merupakan kelas yang memiliki tujuan stasiun terbanyak. Gerbong pada kelas ekonomi juga dilengkapi dengan stopkontak dan pendingin ruangan sehingga penumpang tidak merasa kepanasan. Kekurangannya kursi di kelas ekonomi tegak, tidak bisa diatur dan busanya juga tidak terlalu tebal jadi sedikit membuat pegal di punggung.

2.     Kelas bisnis

Kelas bisnis adalah kelas yang kursinya bersifat individu dengan dua baris tetapi tidak tersambung seperti kursi pada kelas ekonomi. Di dalam gerbong kelas bisnis terdapat enam puluh empat kursi saja sehingga lebih terasa pribadi dan nyaman dengan kondisi gerbong yang lebih besar dari pada kelas ekonomi. Kursinya pun bisa diubah kemana Anda ingin berhadapan. Kelas bisnis juga dilengkapi dengan pendingin ruangan dan stopkontak.

3.     Kelas eksekutif

Sekilas kelas eksekutif sama dengan kelas bisnis tapi lebih nyaman berada di kelas eksekutif. Kursi di gerbong eksekutif sama seperti kursi yang ada dipesawat yaitu sangat empuk, dapat diatur, dan dimundurkan sampai lima puluh derajat kemiringannya. Dalam satu gerbong hanya ada lima puluh kursi saja jadi sangat luas dan nyaman.  Selain dilengkapi dengan stopkontak dan pendingin ruangan, ada juga bantal, selimut, dan tv yang dipastikan akan membuat Anda merasa sangat nyaman.

4.     Kelas prioritas

Kelas prioritas termasuk salah satu kelas yang eksekutif dimana baru pertama kali diluncurkan pada Bulan Agustus 2017 oleh PT KAI. Kelas prioritas memiliki banyak perbedaan dengan tiga kelas sebelumnya yang telah dijelaskan. Kelas prioritas memiliki banyak hiburan menarik antara lain televisi di masing-masing kursi penumpang seperti yang ada pada kursi pesawat, dan terdapat juga menu makanan yang istimewa yaitu menu a la carte. Desain kereta api prioritas terlihat dan berkesan klasik dengan didominasi warna coklat dan emas menambah kesan megah, mewah nan elegan. Dalam satu gerbong kelas prioritas hanya ada dua puluh delapan kursi penumpang, dapat dibayangkan betapa luasnya tempat bagi masing-masing penumpang. Setiap kursi dapat dimiringkan ke belakang dan terdapat juga tumpuan kaki yang memudahkan Anda untuk beristirahat dengan nyaman.

5.     Kelas sleeper

Kelas kereta api paling mewah adalah kelas sleeper yang baru saja resmi diluncurkan pada Bulan Juni oleh PT KAI. Sleeper train memiliki kapasitas terbatas yaitu hanya terdapat delapan kursi penumpang dalam satu gerbong. Kelas sleeper sangat berbeda dengan kelas kereta api sebelumnya yang telah dijelaskan. Yang paling mencolok ada pada desain kursi penumpang yang menyerupai desain kursi pesawat kelas bisnis. Setiap kursi dilengkapi dengan sekat sehingga bersifat lebih pribadi. Kursinya pun dapat dimiringkan sampai dengan kemiringan seratus tujuh puluh derajat, dilengkapi dengan tumpuan kaki yang akan membuat Anda tidur dengan nyaman dan nyenyak. Kelas sleeper dilengkapi juga dengan fasilitas seperti tv, earphone, stop-kontak, bantal, selimut, cermin, tempat sampah, gantungan baju atau jaket, makanan, minuman, dan jajanan atau snack selama perjalanan. Kelas sleeper tidak dapat dipesan untuk semua tujuan dikarenakan kelas sleeper hanya diperuntukkan bagi tujuan dengan jarak yang sangat jauh atau panjang. Tiket kelas sleeper dijual mulai dari harga Sembilan ratus ribu rupiah saja tidak jauh berbeda dengan tiket pesawat terbang ya.

Setelah mempertimbangkan kelas mana yang akan dipilih selanjutnya Anda bisa beli tiket kereta api secara online. Tapi sebelum melakukannya, sebaiknya Anda harus mengetahui tips membeli tiket kereta api secara online yang akan dijelaskan berikut ini antara lain:

1.     Tentukan situs online pesan tiket yang tepat

Ada banyak sekali situs online yang menyediakan pemesanan tiket keret api. Dan tidak sedikit pula yang merupakan situs abal-abal atau tidak diketahui kebenaran harga ataupun jadwalnya. Untuk itu pilihlah situs yang merupakan partner resmi dari PT KAI dengan fitur beli tiket kereta secara online. Anda juga bisa memilih situs perjalanan online yang sudah terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat. Anda juga bisa menggunakan situs online yang secara resmi telah bekerja sama dengan PT KAI antara lain traveloka, tokopedia, indomaret, alfamaret, dan alternatif situs lain beli tiket kereta api.

2.     Membandingkan harga tiket

Langkah yang kedua adalah Anda dapat membandingkan terlebih dahulu harga tiket kereta dari situs-situs online yang Anda kunjungi. Cara membandingkannya adalah dengan membandingkan harga tiket dari banyak situs dengan jadwal, waktu, dan tujuan yang sama, atau pun membanding banyak waktu, jadwal, dan tujuan yang berbeda tapi tetap dalam situs yang sama. Tapi sebaiknya bandingkan saja  jadwal keberangkatan yang telah disediakan pada situs yang telah Anda pilih dan selanjutnya Anda bisa melanjutkan pemesanan dengan klik pesan. Agar tidak membuang banyak waktu.

3.     Harga yang tersedia dan tertera termasuk biaya keseluruhan

Sebelum mengakhiri pembelian online dengan klik bayar, pastikan terlebih dahulu biaya keseluruhan yang harus Anda keluarkan. Anda bisa mengamati terlebih dahulu peraturan pada situs online pembelian tiket kereta api tersebut. Disarankan agar Anda memilih situs online pembelian tiket kereta api yang tidak disertai biaya pajak atau biaya tambahan yang lain. Jangan mudah tergiur dengan harga tiket yang murah, tetapi disertai biaya lain yang pada akhirnya biaya yang harus Anda keluarkan akan jauh lebih banyak dari harga tiket kereta apinya.

Begitulah beberapa tips beli tiket kereta api yang sangat mudah dan dijamin tidak akan membuat Anda kerepotan. Memburu tiket kereta api memang gampang-gampang mudah, apalagi jika memasuki hari-hari tertentu seperti hari libur dan hari lebaran. Anda harus beli tiket kereta api dari jauh-jauh hari sebelumnya. Semangat membeli tiket kereta api, jaga keselamatan dalam bepergian. Semoga sampai tujuan dengan selamat dan tepat waktu sesuai yang Anda inginkan.