Bagi anda yang sedang membutuhkan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan maka anda bisa mengajukan pinjaman melalui bank maupun lembaga terpercaya lainnya. Untuk mengajukan pinjaman ke bank maka anda perlu mempersiapkan beberapa persyaratan penting. Selain itu, ketika mengajukan pinjaman anda juga harus memperhitungkan bunga supaya anda bisa mengetahui kemampuan anda dalam membayar cicilan bulanan dari pinjaman tersebut.

Pentingnya Menghitung Bunga Pinjaman

Mungkin selama ini sebagian dari anda belum memperhatikan betapa pentingnya memperhitungkan bunga pinjaman. Dimana perhitungan bunga pinjaman tersebut memang penting anda lakukan. Hal ini berkaitan dengan supaya anda bisa menyesuaikan penghasilan setiap bulan yang harus anda keluarkan. Dengan begitu maka jumlah uang yang harus anda lunasi ke bank bisa selesai secara tepat waktu agar tidak membengkak.

Menghitung bunga pinjaman memang tidaklah mudah tetapi juga tidak sesulit yang anda bayangkan. Sebelum anda menghitung bunga pinjaman maka anda harus memahami garis besar jenis-jenis bunga pinjaman bank yang selama ini diberlakukan. Dimana jenis-jenis bunga tersebut antara lain bunga flat, bunga efektif serta bunga anuitas. Memahami perhitungan masing-masing jenis bunga tersebut tentu akan sangat mempermudah anda memilih plafon danĀ  tenor saat mengajukan pinjaman.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa sebelum anda mengajukan pinjaman sebaiknya silakan ketahui jenis-jenis bunga dan cara perhitungannya. Berikut ini akan dijelaskan jenis dan cara menghitung bunga pinjaman yang perlu anda ketahui.

  1. Bunga Flat

Adalah jenis bunga yang termudah dalam perhitungannya. Dimana jenis bunga ini mengharuskan anda membayar cicilan bulanan dengan tambahan bunga dengan jumlah tetap untuk setiap bulannya. Besarnya bunga flat ini ditentukan sejak awal kesepakatan pengajuan pinjaman. Bunga flat memang sering digunakan pada kredit mobil atau motor. Bahkan kini bunga jenis ini juga diberlakukan untuk pengajuan pinjaman dengan tenor yang tidak begitu lama. Dengan demikian perhitungan bunga flat sebetulnya tidak terlalu rumit. Sebab sejak bulan pertama sampai terakhir permbayaran cicilan besarnya bunga tetap dan tidak mengalami perubahan.

  1. Bunga Efektif

Bunga jenis ini juga sering disebut dengan sliding rate merupakan jenis bunga yang bisa anda temukan saat mengajukan pinjaman ke bank melalui angsuran jangka panjang dan jumlahnya besar. Contoh dari bunga efektif ini adalah pinjaman untuk membeli rumah atau KPR. Bunga efektif bisa diberikan untuk pinjaman jangka panjang dan jumlahnya besar sehingga bunga jenis ini memiliki persenan yang lebih kecil daripada bunga flat. Sedangkan tenor cicilannya bisa belasan bahkan hingga puluhan tahun. Perlu anda ketahui bahwa bunga efektif dan bunga flat memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari segi nilai bunga yang harus anda bayar setiap bulannya. Untuk bunga flat besar bunganya tetap sejak awal hingga akhir. Sedangkan bunga efektif besarnya sesuai sisa cicilan yang harus anda bayar. Sehingga semakin lama anda mengambil tenor maka nilai bunga semakin kecil.

  1. Bunga Anuitas

Merupakan pembaharuan dari bunga kredit efektif. Dimana penggunaan bunga anuitas ini bertujuan supaya peminjam tidak bingung saat harus membayar cicilan bulanan dengan besaran yang berbeda. Tetapi sebetulnya bunga anuitas ini tidak jauh berbeda dari bunga efektif. Cara perhitungan bunga ini melalui rumus yang diperoleh dari jumlah angsuran totoal yang sudah ditetapkan sebelumnya kemudian dikurangki perhitungan bunga anuitas. Menghitung bunga anuitas memang cukup rumit sehingga anda perlu memakai kalkulator tersendiri.

Bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman tanpa perlu dipusingkan oleh perhitungan bunga untuk mmbayar cicilan bulanan maka silakan pilih Tunaiku saja. Sebab Tunaiku merupakan pinjaman online yang menawarkan simulasi kredit sehingga anda tak perlu repot menghitung bunga sendiri. Download aplikasi Tunaiku disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app. Cukup masukkan nilai pinjaman dan tenor maka besarnya bunga maupun cicilan akan terhitung secara otomatis melalui simulasi kredit.