by

Tubuh Kekurangan Vitamin B6? Ketahui Anjuran Konsumsi Vitamin B6 Ini!

-Kesehatan-43 views

Kasus seseorang mengalami kekurangan vitamin B6 memang jarang terjadi di dunia ini. Namun, ada sebagian kecil orang yang mengalami masalah kekurangan vitamin B6 yang berfungsi mengembangkan saraf otak. Apalagi wanita yang sedang hamil wajib mendapatkan asupan vitamin B6 dari berbagai bahan alami di sekitar seperti daging, ikan, sayuran, telur, pisang, dan lain-lain. Vitamin B6 untuk ibu hamil bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau tablet.

Amankah mengkonsumsi suplemen vitamin B6 untuk ibu hamil?

Penting sekali untuk selalu memeriksakan kondisi janin ke dokter agar bisa mengetahui kesehatan ibu hamil secara rutin. Studi menunjukkan bahwa konsumsi suplemen vitamin B6 tidak membahayakan janin atau minim risiko pada janin, asal tidak menderita penyakit tertentu seperti kecanduan alkohol atau gagal ginjal.

Agar Anda bisa mendapatkan manfaat dari suplemen vitamin B6 untuk ibu hamil, sebaiknya ketahui hal-hal penting terkait aturan konsumsi vitamin B6 berikut :

1.    Risiko alergi

Konsultasi dengan dokter sangat diperlukan agar Anda tidak mengalami masalah vital yaitu risiko alergi akibat konsumsi tablet vitamin B6.

2.    Tidak boleh konsumsi vitamin B6 setelah menjalani angioplasti

Angioplasti adalah prosedur membuka penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah jantung yang berguna meningkatkan angka harapan hidup penderita penyakit tersebut. Pada masa pemulihan setelah mekanisme angioplasti, Anda tidak boleh mengkonsumsi suplemen vitamin B6.

3.    Dilarang mengkonsumsi vitamin B6 bagi penderita diabetes

Hal ini berlaku untuk orang yang menderita diabetes dan baru saja pulih dari stroke.

4.    Konsultasi dengan dokter

Dalam mengkonsumsi suplemen vitamin B6, sebaiknya Anda mengungkapkan riwayat penyakit yang pernah diderita. Pada ibu hamil, Anda juga harus jujur mengenai reaksi alergi pada obat tertentu. Ibu hamil yang mengalami morning sickness pada trimester pertama, maka Anda harus mematuhi aturan dokter terkait konsumsi tablet vitamin B6 10-25 mg setidaknya 3-4 kali sehari saja.

Ibu yang sudah menyusui tidak diperkenankan mengkonsumsi vitamin B6 sebab bisa meresap dalam ASI, kecuali ada resep dokter yang memperbolehkan konsumsi vitamin B6 pada tubuh yang kekurangan vitamin ini.

5.    Tidak boleh mengkonsumsi vitamin B6 bersamaan obat lain

Ada berbagai efek yang ditimbulkan dari konsumsi vitamin B6 bersama jenis obat lain, misalnya risiko alami darah tinggi bila dikonsumsi dengan obat antihipertensi. Sebenarnya, wanita hamil memang tidak diperbolehkan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang bisa membahayakan kesehatan janin. Lakukan konsultasi dengan dokter jika Anda mengalami masalah kesehatan saat kondisi tubuh tengah hamil.

Ibu hamil memang perlu penanganan khusus bila mengalami kekurangan vitamin B6 agar kesehatan janin tidak terganggu. Namun, Anda tidak boleh mengkonsumsi suplemen vitamin B6 yang berlebihan sebab bisa menimbulkan efek samping tersendiri. Efek samping yang dialami bisa berupa anemia, kantuk tidak tertahan, sakit kepala, reaksi alergi, diare, dan lain-lain.

Menjaga kesehatan sejak dini bisa membantu Anda menjaga pertumbuhan anak secara optimal. Anda bisa belanja kebutuhan kelahiran anak di toko online perlengkapan bayi sekarang juga. Asal Anda memperhatikan asupan nutrisi si kecil sesuai saran dokter, maka tidak perlu cemas dengan risiko tubuh alami kekurangan vitamin B6, bukan?

News Feed