by

Waspada! 4 Penyakit Pernapasan dan Gejalanya yang Mengintai Anda

-Kesehatan-71 views

Sistem pernapasan dalam tubuh adalah suatu sistem jaringan di dalam tubuh yang tentunya sangat penting. Pasalnya, ketika sistem ini mengalami masalah atau gangguan, tentu proses pernapasan pun tidak bisa berjalan dengan lancar. Apalagi proses pernapasan berkaitan erat dengan pengambilan oksigen dan pelepasan zat limbah karbondioksida. Meskipun begitu, sistem pernapasan tidak bisa terbebas dari beberapa masalah yang menyertainya. Seperti 4 penyakit pernapasan ini yang kerapkali menyerang beserta gejela-gejalanya.

  1. Bronkhitis

Bronkhitis adalah suatu gangguan sistem pernapasan tepatnya di bagian saluran bronkus. Ketika seseornag terkena penyakit ini, biasanya akan ada infeksi atau peradangan yang terjadi. Infeksi biasanya disebabkan oleh iritasi atau karena virus tertentu yang menyerang saluran bronkus. Jika kondisi sudah parah, sistem pernapasan akan kesulitan untuk mengedarkan oksigen.

Adapun beberapa gejala yang menyertai salah satu dari 4 penyakit pernapasan ini adalah ditandai dengan sesak napas. Sementara gejala yang lebih umumnya adalah batuk berdahak, nyeri tenggorokan, otot terasa linu, demam, hingga rasa sakit di kepala. Kondisi yang lebih parah pun bisa berupa kulit jadi pucat bahkan kebiruan karena kurangnya pasokan oksigen.

  1. Asma

Selain bronkhistis, adapun masalah sistem pernapasan lainnya yang banyak ditemukan di masyarakat. Di mana penyakit ini adalah asma yang ternyata penyakit ini tergolong pada salah satu dari 4 penyakit pernapasan jangka panjang. Gejalanya bisa hilang timbuk tergantung kekambuhan. Bisa juga diakibatkan karena reaksi alergi tertentu yang memicu kekambuhan asma.

Biasanya, penyakit asam terjadi karena adanya penyempitan saluran napas. Bisa juga terjadi karena adanya infeksi yang menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas. Kebanyakan masyarakat menyebutnya dengan istilah “Bengek” karena saat bernapas, penderita akan mengeluarkan suara mengi seperti napas yang tertahan. Gejala lainnya adalah batuk dan juga nyeri pada dada.

  1. Paru Obstruktif Kronis

Disebut sebagai PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis. Sesuai namanya, penyakit ini menyerang paru-paru seseorang yang diakibatkan karena adanya peradangan. Bahkan, kondisi seriusnya adalah terjadinya kerusakan di saluran pernapasan dan tentunya bisa menganggu proses bernapas penderita. Bahkan, penyakit ini adalah termasuk 4 penyakit pernapasan yang paling progresif atau bisa semakin memburuk seiring berjalannya waktu.

Biasanya, PPOK disebabkan karena aktivitas merokok yang sudah sering dilakukan. Perokok pasif atau orang yang sering terpapar asap rokok pun mempunyai kemungkinan dan peluang sama untuk terkena PPOK. Beberapa gejala yang muncul dari penyakit ini adalah sakit dan sesak di dada, batuk berkepanjangan, kesulitan bernapas, hingga perubahaan paru-paru yang semakin hari memburuk sehingga tidak bisa bekerja seperti biasanya.

  1. Alergi

Adapun penyakit lain yang biasanya menyerang sistem pernapasan seseorang yang berasal karena alergi tertentu. Pasalnya, ada beberapa reaksi alergi yang bisa menimbulkan penyempitan saluran pernapasan sehingga membuat penderitanya jadi merasakan sesak napas. Penyebab alergi pun bisa bervariasi, baik itu debu, asap rokok, cuaca dan lain sebagainya.

Beberapa gejala yang timbul dari reaksi alergi ini adalah sesak napas, batuk dan bersin, adanya rasa gatal di kulit maupun mukosa mata, nadi yang bergerak lebih cepat, hingga kehilangan kesadaran. Bahkan bisa berpotensi sangat buruk yakni kematian akibat tersumbatnya saluran napas.

4 penyakit pernapasan tersebut adalah masalah pernapasan yang seringkali terjadi. Sebaiknya, untuk menghindari penyakit tersebut, lakukan pola hidup sehat dan hindari merokok. Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi lengkap tentang tata cara pengobatan dari beberapa penyekait tersebut di aplikasi Halodoc. Sebagai aplikasi pemberi solusi masalah kesehatan terpercaya yang langsung menyedikan layanan konsultasi dengan dokter ahli, tentu bisa membantu Anda dan masyarakat dalam mendapatkan solusi terbaik untuk kesehatannya.

News Feed